Lenggah
LITERASI MATEMATIKA DAN PENYELESAIANNYA

Pada tahun 2014 soal ujian nasional matematika terdapat satu soal yamg aplikatif dan pemecahannya memerlukan tingkat pemikiran literasi matematika.

 

Apa itu literasi matematika ?

 

Menurut Kusumah (Maryanti, 2012:16) literasi matematis adalah kemampuan menyusun serangkaian pertanyaan (problem posing)

merumuskan, memecahkan dan menasirkan permasalahan yang didasarkan pada konteks yang ada.

 

Mulai tahun 2015 Kemdikbud melakukan GLS (Gerakan Literasi Sekolah). Dan Kemdikbud membuat panduan gerakan literasi sekolah untuk tingkat SD, SMP, SMA, SMK, SLB. 

Juga ada buku saku gerakan literasi sekolah, manual pendukung pelaksanaan gerakan literasi sekolah, desain induk gerakan literasi sekolah, buku-buku panduan gerakan literasi sekolah. 

Silahkan mampir untuk membaca panduan tersebut.

 

Tahun 2021 ujian nasional tidak ada dan digantikan dengan penillaian berupa literasi, numerik, survei karakter. Dan penilaian tersebut pada jenjang kelas 4, kelas 8, dan kelas 11.

Baiklah disini kita fokus dengan literasi matematika sesuai judul artikel ini.  Di artikel ini saya akan memberikan soal dan pembahasan tentang soal yang tingkat pemecahannya literasi matematis.

 

Berikut soal dan pembahasan literasi matematis :

Untuk tingkat SD/MI silahkan mampir pertama , mampir kedua

Untuk tingkat SMP/MTs  silahkan mampir pertama , mampir kedua, mampir ketiga, mampir keempat, mampir kelima, mampir keenam.

Untuk tingkat SMA/MA silahkan mampir pertama, mampir kedua

 

Apa yang selama ini para siswa siswi bertanya tentang kaitan materi bentuk pangkat, limit, diferensial, integral dan lain sebagainya dengan kehidupan sehari hari terjawab sudah.

Dengan literasi matematika maka kelak para siswa siswi sudah dapat mengetahui bahkan menyelesaikan  persoalan itu.

 

Ingat 

Ada 3 kata kunci literasi matematika yaitu :

MERUMUSKAN

MEMECAHKAN

MENAFSIRKAN

 

Semoga dengan penilaian literasi, numerik, dan survei karakter para anak didik bangsa Indonesia akan bisa menyelesaikan setiap persoalan pada era revolusi industri 4.0.

 

Monggo pinarak

35edit

BELAJAR ELEKTRONIK KEMDIKBUD

Apa Itu Portal Rumah Belajar?


Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.


Mari belajar dan bergabung dengan pengguna lainnya di Rumah Belajar

E-Learning Kemdikbud
901edit

BELAJAR ELEKTRONIK MADRASAH KEMENAG

E-learning Madrasah adalah sebuah aplikasi gratis produk Madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di Madrasah dari mulai Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif.

E-learning Madrasah memiliki 6 role akses diantaranya :

Operator Madrasah (Administrator)

Guru Mata Pelajaran

Guru Bimbingan Konseling

Wali Kelas

Siswa

Supervisor (Kepala Madrasah dan jajarannya)

E-Learning Madrasah
KAMUS

KAMUS MATEMATIKA DASAR

Kamus matematika ini adalah keluaran resmi dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1993.

Ada dua keinginan kami dalam menyusun Kamus Istilah Matematika ini . Yang pertama adalah memasyarkatkan istilah matematika dalam bahasa Indonesia dengan  harapan terbakunya istilah matematika yang seragam dalam bahasa Indonesia ; yang kedua ialah mencoba memberikan pengertian yang benar mengenai konsep-konsep matematika yang diajarkan di sekolah-sekolah.

Unduh Kamus Matematika

KONVERSI NILAI EXCEL PADA QUIZIZZ, GOOGLE FORM


Saat kita memberikan soal (kuis) ke google form atau quizizz akan diperoleh skor (nilai). Laporan skor (nilai) di quizizz melampaui 100. Dan jika kita memberikan skor (nilai) di google form setiap soal tidak bisa dalam bentuk desimal. Sementara kita dalam memberikan penilaiian di sekolah paling kecil 0, paling besar 100.

Nilai-nilai baik pada quizizz maupun google form perlu dikonversi. 

Bagimana proses nilai konversi itu. Silahkan unduh rumusnya

Unduh Rumus Konversi Nilai Di Excel